Khasiat Buah Manggis Untuk Batu Ginjal

Buah Manggis Untuk Batu Ginjal

Buah Manggis Untuk Batu Ginjal,- Buah manggis tentunya sudah banyak diketahui sebagian besar masyarakat. Berikut ini beberapa manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya mencegah kanker, mencegah infeksi, kaya akan antioksidan, dll. Tapi seperti judul di atas, di sini Saya akan menjelaskan tentang khasiat buah manggis untuk batu ginjal.

Pengertian buah manggis

Khasiat Buah Manggis Untuk Batu Ginjal

Manggis (mangosteen) dengan nama latin Garcinia mangostana ini berasal dari Asia tenggara. Pohon manggis ini hanya dapat tumbuh di daratan tertinggi atau hutan tertentu yang beriklim tropis seperti di Australia Utara, Hawai, Thailand, Myanmar, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Indonesia.

Baca juga : Khasiat daun mindi untuk batu ginjal

Manggis juga termasuk sebagai tanaman budidaya serta merupakan salah satu tanaman buah tropika yang paling lambat pertumbuhannya, namun memiliki umur paling panjang. Pohon manggis dapat berbuah dalam kurun waktu 10-15 tahun dengan tingginya mencapai 10-30 meter.

Sejarah manggis

Sejak zaman dahulu penduduk Indonesia memiliki kebiasaan menggunakan air rebusan kulit manggis sebagai ramuan obat untuk mengatasi sembelit, sariawan, diare, demam, luka, dan penyakit lainnya. Ketika perkembangan zaman ternyata bukan hanya kulit manggis yang mempunyai manfaat untuk kesehatan melainkan buahnya juga mempunyai manfaat yang berlimpah sebagai obat dalam berbagai penyakit.

Sekitar tahun 1800-an Ratu dari Inggris, Victoria, sampai menawarkan hadiah uang dengan nominal tinggi kepada siapa saja yang dapat membawakan buah manggis padanya, sebab manggis dianggap sebagai buah dongeng. Maka dari itu manggis kemudian terkenal dengan julukan ratu buah (the queen of fruit)

Jenis-jenis buah manggis

  • Manggis tanpa bijiManggis tanpa biji
    Manggis tanpa biji atau hepe ini terdapat di Malaysia, di daerah Kedah, Yan, di sana ada beberapa pohon manggis yang buahnya tidak berbiji. Ukurannya hampir sama dengan manggis pada umumnya, beratnya rata-rata sekitar 80 gram.

    Kulit pada manggis ini lebih tipis sehingga isi buah di dalamnya lebih banyak dibandingkan manggis lainnya. Varietas ini sangat potensial jika disilangkan atau dikembangkan dengan varietas lain, sehingga dapat menghasilkan kualitas buah yang tinggi

  • Manggis MestaMasta/Mesta
    Manggis jenis ini lebih lonjong daripada manggis pada umumnya, rasanya manis tetapi semu kering, kulitnya tebal, dan isinya lebih sedikit untuk dimakan. Manggis dengan nama masta (mesta) atau seta ini dari sebutan penduduk setempat yang berada di daerah Temerloh, Pahang.
  • Manggis buah kecilManggis buah kecil
    Ukuran buahnya lebih kecil serta beratnya hanya 60 gram, namun rasanya lebih manis serta jumlah biji (buah) lebih banyak dibandingkan manggis biasanya. Manggis ini sering ditemukan di daerah Perak.
  • Manggis buah besarManggis buah besar
    Jenis ini mempunyai ukuran buah yang paling besar diantara yang ditemukan di Malaysia. Beratnya hingga 100 gram namun isinya lebih sedikit. Sifat dan jenis pohonnya sama dengan manggis pada umumnya.

Dari beberapa jenis khusus tersebut terdapat pohon manggis yang tidak akan berbuah sama sekali. Pada tahun 1987 di daerah Linggi ditemukan pohon manggis yang bunganya tidak pernah berubah menjadi buah, maka dari itu penduduk setempat menamai dengan manggis jantan.

Kandungan nutrisi buah manggis per 100 gram

Kandungan nutrisi buah manggis per 100 gram

Fakta buah manggis

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Indah Yuliasih dari Fakultas Teknologi Pertanian IPB tentang buah manggis adalah Xanthone yang terkandung dalam buah manggis merupakan bahan aktif yang bersifat anti-bakteri dan antioksidan yang sangat tinggi. Beliau menjelaskan, bahwa kandungan Xanthone mampu menghambat proses penuaan dini dan kandungan antioksidan dalam buah ini beberapa kali lipat melebihi vitamin E dan C.

Khasiat Buah Manggis Untuk Batu Ginjal

Buah manggis terbukti dapat mengatasi penyakit ginjal, khususnya masalah batu ginjal. Tidak diragukan lagi sebuah penelitian menyebutkan, orang yang setiap harinya mengkonsumsi buah manggis berisiko lebih rendah terkena batu ginjal dikarenakan buah ini memiliki kandungan yang dapat membantu merangsang pengeluaran urin sehingga dapat mencegah dan mengatasi penyakit batu ginjal.

Kandungan yang berlimpah di dalamnya sangat berpengaruh dan dibutuhkan oleh penderita batu ginjal. Kandungan tersebut diantaranya mineral seperti zat besi, zinc, fosfor, kalsium, dll. Selain itu buah manggis juga memiliki vitamin dan protein yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Nutrisi ini sangat dibutuhkan oleh penderita batu ginjal agar ginjal kembali sehat dan normal serta dapat beraktivitas seperti biasanya tanpa risau.

Manfaat buah manggis bagi kesehatan tubuh lainnya

  • Mencegah kanker
  • Mengurangi rasa sakit
  • Mencegah infeksi
  • Kaya antioksidan
  • Baik untuk tekanan darah tinggi
  • Membantu mencegah dan melawan penyakit alzheimer dan parkinson
  • Menghilangkan alergi
  • Menjaga kesehatan usus, mengatasi diare, sembelit, merangsang kesehatan usus normal
  • Menjaga kesehatan otak dan syaraf
  • Mengatasi katarak
  • Mengatasi migrain
  • Mengurangi stres dan depresi
  • Mengurangi kolesterol
  • Mencegah obesitas
  • Mencegah penuaan dini

Sumber : Obat penghancur batu ginjal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *