Cuka Apel Untuk Masalah Batu Ginjal

Cuka Apel Untuk Masalah Batu Ginjal

Cuka Apel Untuk Masalah Batu Ginjal,-  Apel adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin dan mineral serta memiliki serat yang tinggi. Terkandung asam tartar di dalamnya yang dapat menghambat serta mencegah pertumbuhan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dalam saluran cerna.

Baca juga : Khasiat wortel untuk masalah batu ginjal 

Seperti judulnya “Cuka Apel / apple cider vinegar” pembuatan cuka ini berbahan dasar apel yang diambil dan memanfaatkan fermentasi dari sari buahnya. Apakah Anda mengetahui manfaat cuka ini baik bagi kesehatan tubuh manusia ? Khususnya untuk batu ginjal ? Di bawah ini Saya akan menjelaskan tentang Khasiat cuka apel untuk masalah batu ginjal, tunggu apa lagi mari kita simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian apple cider vinegar

Cuka Apel Untuk Masalah Batu Ginjal

Cuka apel adalah herbal serba guna yang dapat memberikan efek positif bagi kesehatan. Ternyata cuka ini sudah dikenal dari zaman Yunani kuno, yaitu sebagai salah satu metode pengobatan yang banyak dipakai oleh para ahli kesehatan terdahulu. Cuka apel merupakan minuman yang dibuat dengan cara menumbuk apel kemudian diperas dan diambil cairannya.

Setelah itu akan dimasuki ragi dan bakteri ke dalam cairan untuk memulai proses fermentasi alkohol. Selain ragi, tambahan lainnya yaitu gula dalam cairan apel yang akan diubah menjadi alkohol. Ketika proses fermentasi ke-2 alkohol diubah menjadi cuka oleh bakteri pembentuk asam asetat (acetobacter). Cuka yang didapat dari proses ini juga meninggalkan komponen seperti asam galic, katekin, asam asetat dan lain-lain.

Hal tersebut menjadikan apple cider vinegar ini memiliki manfaat sebagai anti-bakteri dan antioksidan. Pada saat ini cuka apel mulai dikonsumsi dan dimanfaatkan kembali oleh sebagian besar masyarakat untuk menjaga kesehatan tubuh serta dapat mengobati penyakit-penyakit dalam tubuh.

Sejarah apple cider vinegar

Sejarah cuka apel 

Pada tahun 55 SM di Inggris ketika orang Romawi tiba, mereka memberitahukan telah menemukan bahwa penduduk desa Kentish setempat meminum minuman asam terbuat dari sari buah apel. Catatan kuno menyatakan bahwa, Julius Caesar dan orang romawi, sangat menyukai minuman cuka apel ketika tiba di desa tersebut dan berusaha mengadaptasi minuman tersebut.

Pada awal abad ke-9, minuman sari buah apel ini sudah terkenal di Eropa serta pengesahan dari Raja Charlemagne menjadikan minuman ini semakin populer. Pada tahun 1066, setelah ditaklukan nya Norman, pemakaian sari buah apel ini meluas di Inggris serta kebun apel dibudidayakan secara khusus untuk menghasilkan sari buah apel.

Fakta apple cider vinegar

Apel adalah buah yang kaya akan vitamin dan mineral serta mempunyai serat yang tinggi. Terkandung asam tartar yang dapat menghambat pertumbuhan penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dalam saluran cerna. Dapat membuat kenyang, membantu menurukan kadar gula darah pada penderita diabetes, menurunkan kadar kolesterol jahat, serta menurunkan berat badan.

Rasa alami pada cuka ini sering digunakan sebagai masakan karena dapat mengeluarkan rasa asam alami pada masakan serta dapat juga digunakan untuk mengawetkan makanan seperti acar, sayur, dan daging.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam apple cider vinegar

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam cuka apel

Khasiat Cuka Apel Untuk Masalah Batu Ginjal

Ada syarat tertentu jika kita menggunakan cuka apel untuk mencegah maupun mengobati batu ginjal yaitu konsistensi. Setiap harinya Anda harus mengambil cuka apel dengan banyak air sampai batu ginjal benar-benar hancur dan rasa sakit ketika mengeluarkan urine hilang sepenuhnya. Sebab itu penyakit batu ginjal dapat diatasi cuka ini tanpa operasi. Aturan pakai cuka ini untuk masalah batu ginjal, diantaranya :

Cuka apel dan air
Bahannya :

  • 2 sendok makan cuka apel
  • 8 ons air hangat/panas

Caranya : Campuri 2 bahan tersebut kemudian diminum ketika perut kosong. Bagi yang sudah mengidap penyakit batu ginjal, minum 1x sehari untuk menghancurkan batu dan jika untuk pencegahan diminum seminggu sekali.

Cuka apel dan madu
Kandungan anti-bakteri pada madu dapat mencegah infeksi pada ginjal.
Bahan :

  • 1 sendok teh cuka apel
  • 2 sendok teh madu

Caranya : Campuri kedua bahan tersebut, Untuk menghilangkan batu ginjal konsumsi 2 x sehari. Agar pengobatan lebih efektif tambahkan segelas air ke dalamnya.

Cuka Apel, Minyak Zaitun & Air Lemon
Asam sirat terkandung dalam lemon yang akan membantu Anda untuk dengan mudah melarutkan serta menghancurkan batu ginjal dan dapat mencegah infeksi di saluran kemih. Bahannya :

  • 1 sendok makan cuka apel
  • 2 sendok makan dari minyak zaitun organik extra-virgin
  • 2 sendok jus lemon
  • 1 gelas air 250 ml

Caranya : Campuri bahan-bahan tersebut, diminum 1 kali setiap ± 30 menit sampai semua itu habis.

Manfaat cuka apel untuk kesehatan tubuh lainnya

  • Menyeimbangkan pH kulit wajah
  • Mencegah kerutan
  • Mengurangi bintik-bintik akibat penuaan
  • Mengatasi jerawat
  • Menghilangkan racun dari kulit wajah
  • Mengecilkan pori-pori
  • Mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari
  • Menurunkan berat badan
  • Mengatur kadar gula dalam darah
  • Mengatasi maag, asam lambung, sembelit
  • Mengatasi diare
  • Menjaga kesehatan jantung
  • Untuk obat psoriasis alami

Perhatian : Jangan mengkonsumsi cuka ini secara berlebihan karena akan menimbulkan penyakit lain, seperti gangguan pencernaan, memperlambat pengosongan perut, masalah gigi, kerongkongan terasa perih, menurunkan kadar gula darah (bahaya bagi penderita anemia).

Sumber : Obat Penghancur Batu Ginjal

1 komentar tentang “Cuka Apel Untuk Masalah Batu Ginjal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *