Khasiat Tanaman Daun Antanan/Pegagan Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Tanaman Daun Antanan/Pegagan Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Tanaman Daun Antanan/Pegagan Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Tanaman Daun Antanan/Pegagan Untuk Masalah Batu Ginjal,- Di sini Saya akan membahas tentang manfaat tanaman daun antanan/pegagan untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bagi kalian yang sedang sakit jangan risau, semoga apa yang Saya akan jelaskan di bawah ini ada sangkut paut nya dengan apa yang kalian alami saat ini dan tentunya ini akan bermanfaat untuk memulihkan kembali kesehatan tubuh kalian.

Ya pada artikel ini pokok pembahasan yang akan Saya jelaskan pada kalian, yaitu mengenai manfaat yang ada pada daun antanan/pegagan bagi kesehatan tubuh kita. Nah sebelum ke inti pembicaraan Saya akan menjelaskan tentang definisi tanaman antanan/pegagan ini. Tunggu apa lagi ? Mari kita simak penjelasannya sampai tuntas agar pengetahuan kalian bertambah.

Pengertian

Pegagan atau antanan (Centella asiatica) merupakan salah satu tanaman yang banyak tumbuh di tepi jalan, pematang sawah, ladang, serta perkebunan. Tanaman Pegagan ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di India, Australia, Jepang, Republik Rakyat Tiongkok, Asia tenggara, termasuk Indonesia serta menyebar luas ke berbagai negara lainnya. Selain Pegagan nama atau sebutan yang biasa dikenal yaitu antanan dan daun kaki kuda.

Baca juga : Khasiat Tanaman Daun Dollar Untuk Masalah Batu Ginjal

Berikut ini beberapa nama lokal dari tanaman Pegagan ini diantaranya : Gagan-gagan, rendeng, cowek-cowekan, pane gowang (jawa), pagaga (Makassar), daun tungke (Bugis) buabok (Inggris), ampagaga (batak), antanan, dulang sontak(sunda), broken copper coin, semanggen (Indramayu,Cirebon), paardevoet (Belanda), gotu kola (Sinhala), vallarei (Tamil), ji xue cao (Hanzi), piduh (bali), bebele (lombok), sandanan (irian) pigago (Minang) daun tapak kudo (solok), peugaga (Aceh), jalukap (Banjar), daun kaki kuda (Melayu).

Jenis-jenis daun antanan/pegagan

Pegagan atau antanan merupakan salah satu tanaman herba tahunan yang berbunga sepanjang tahun dan tumbuh menjalar. Tanaman dapat tumbuh subur apabila lingkungan dan tanahnya sesuai hingga dapat dijadikan penutup tanah. Jenis tanaman ini yang sering dijumpai ialah pegagan hijau serta pegagan merah.

  • Pegagan merah biasa dikenal dengan antanan batu atau antanan kebun, karena sering dijumpai di daerah terbuka, bebatuan, dan kering. Pegagan merah tidak mempunyai batang, tetapi memiliki rhizoma (rimpang pendek), dan tumbuhnya merambat dengan stolon (geragih).
  • Pegagan hijau biasanya tumbuh di sela-sela rumput dan di daerah persawahan. Tempat-tempat semu lembap, semu ternaungi, dan terbuka adalah tempat yang sering ditumbuhi pegagan hijau. Ada juga 4 nama tanaman yang mirip dengan pegagan atau antanan yaitu : antanan kembang, antanan gunung, antanan beurit, antanan air.

Kandungan manfaat daun antanan/pegagan untuk kesehatan

Pegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium, besi, asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, dan brahmic acid. Zat vellarine yang ada akan dapat memberikan rasa pahit. Ditaksir kandungan glikosida triterpenoida yang disebut asiaticoside adalah antilepra serta dapat menjadi penyembuh luka yang sangat luar biasa.

Khasiat Tanaman Daun Antanan/Pegagan Untuk Masalah Batu Ginjal

Tanaman ini dapat mengatasi serta menyembuhkan permasalahan penyakit ginjal, karena mengandung sifat : anti-ulcerogenic, anti-karsinogenik, adaptogenik, analgesik, anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-virus, antiseptik, anxiolytic, tonik cerebral, stimulan, emmenagogue, diuretik, pencahar, Nervine, vulnerary. Kandungan tersebut mempunyai manfaat yang luar biasa untuk masalah ginjal, gagal ginjal, bahkan dapat menghancurkan batu ginjal.

Manfaat daun antanan/pegagan untuk kesehtan

Menyembuhkan gangguan pada pembuluh darah
Varicose vein atau gangguan pembuluh darah dapat menyebabkan gejala seperti rasa sakit pada kaki, rasa gatal dan bengkak. Hal tersebut akan mudah diatasi bilamana secara rutin minimal 4 minggu mengkonsumsi daun antanan/pegagan ini.

Menghilangkan stretch mark
Tanda garis atau stretch mark yang sering muncul selagi hamil dan setelah melahirkan tentu sangat mengganggu. Dengan cara mengoleskan daun antanan/pegagan yang sudah dijadikan krim, hal itu terbukti mampu menghilangkan garis atau stretch mark layaknya lidah buaya

Menjaga kesehatan hati
Asiaticoside merupakan ekstrak dari tanaman antanan/pegagan yang sangat berguna untuk mencegah serta melawan kerusakan hati yang diakibatkan oleh zat-zat kimia yang masuk ke dalam tubuh. Fungsi lainnya yaitu memulihkan kembali fungsi hati serta mengurangi kerusakan pada sel.

Manfaat lainnya : Mencegah kerusakan pada otak, Meningkatkan daya ingat, Mencegah penyakit kanker, Mencegah stress, Mengobati luka, Mencegah penuaan dini, Mencegah penyakit epilepsi. Mencegah infeksi saluran kencing, Menangkal radikal bebas, Melancarkan sistem peredaran darah, Sebagai mood booster, Meningkatkan fungsi kognitif, Meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Obat sakit pada kandung kemih, Mengurangi rasa lelah, Meningkatkan konsentrasi.

Sumber : Obat penghancur batu ginjal

1 komentar tentang “Khasiat Tanaman Daun Antanan/Pegagan Untuk Masalah Batu Ginjal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *