Khasiat Bawang Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Bawang Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Bawang Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Bawang Untuk Masalah Batu Ginjal,- Di sini Saya akan membahas tentang khasiat bawang untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bagi kalian yang sedang sakit jangan risau, semoga apa yang Saya akan jelaskan di bawah ini ada sangkut paut nya dengan apa yang kalian alami saat ini dan tentunya ini akan bermanfaat untuk memulihkan kembali kesehatan tubuh kalian.

Khasiat bawang untuk kesehatan tubuh sangat banyak, diantaranya untuk kesehatan, sebagai obat dan bahkan sebagai perawatan. Ya pada artikel ini pokok pembahasan yang akan Saya jelaskan pada kalian, yaitu mengenai khasiat bawang untuk kesehatan tubuh. Nah sebelum ke inti pembicaraan Saya akan menjelaskan tentang definisi bawang ini.

Pengertian secara umum

Bawang adalah salah satu kelompok tumbuhan penting bagi manusia yang tergolong dalam genus bunga, daun, umbi dan allium bawang dimanfaatkan sebagai rempah-rempah atau sebagai sayuran dan penyedap makanan tergantung bagaimana menggunakannya.

Baca juga : Cuka apel untuk masalah batu ginjal

Umumnya khasiat bawang bagi kesehatan tubuh rata-rata sama manfaatnya meskipun berbeda jenis bawang. Tetapi ada beberapa keunggulan yang menjadi pembeda khasiat bawang berdasarkan jenisnya.

Jenis-jenis

  • Bawang merah
    Adalah sejenis tumbuhan yang menjadi rempah-rempah makanan di dunia, berasal dari Pakistan, Iran dan pegunungan di sebelah utaranya. Dibudidayakan di daerah dingin tropis maupun sub-tropis.Umbinya dapat digunakan untuk obat tradisional, bumbu masak, acar serta dapat dimakan mentah. Kulitnya dapat digunakan sebagai zat pewarna. Daunnya dapat digunakan sebagai campuran sayur
  • Bawang putih
    Merupakan tanaman yang tergolong genus allium dan mempunyai sejarah lebih dari 7.000 tahun digunakan oleh manusia terutama tumbuh di Asia tengah serta sudah menjadi makanan di sekitar laut tengah juga bumbu umum di Eropa, Afrika dan Asia.Sudah dikenal dalam catatan Mesir kuno sebagai pengobatan maupun campuran masakan. Umbi dari bawang putih adalah bahan utama bagi rempah-rempah Indonesia
  • Bawang bombai
    Bawang ini merupakan jenis bawang yang luas dan paling banyak dibudidayakan, berbentuk bulat agak besar serta berdaging tebal. Bawang ini juga sering digunakan sebagai rempah-rempah masakan di Indonesia.Sebutan bawang bombai karena bawang ini dibawa oleh pedagang-pedagang dari kota Bombai (Mumbai sekarang) dari India ke Indonesia.
  • Bawang daun
    Bawang ini tidak berbentuk bulb. Daunnya berongga di tengahnya dan scapes. Rasa dan baunya sama dengan bawang bombai. Paling umum bawang ini dipakai allium cepa dan sudah terdapat hibrida di antara keduanya.
  • Bawang kucai
    Nama kucai berasal dari bahasa hokkian yaitu “Ku-chhai”. Bawang serta daun kucai sering dijadikan sebagai sayuran daun. Kucai jarang dipakai sebagai rempah-rempah masakan Indonesia. Berdaun pipih serta berbunga putih, aroma kucai hampir mirip dengan aroma bawang putih, berbeda dengan daunnya yang beraroma pekat dan tajam.
  • Bawang prei
    Termasuk dalam genus allium atau keluarga bawang sering digunakan sebagai bahan masakan Eropa karena mempunyai rasa yang mirip bawang bombai namun kurang tajam. Biasanya bawang prei ditumis hingga layu dalam mentega sebelum dicampur dengan rempah yang lainnya. Bawang ini adalah salah satu sayuran yang berasal dari negara Wales

Kandungan nutrisi dalam bawang untuk kesehatan

Bawang merah

Kandungan gizi dalam 100 gram bawang merahBawang putih

Kandungan gizi dalam 100 gram bawang putih

Bawang bombai

Kandungan gizi dalam 100 gram bawang bombai

Bawang daun

Informasi Gizi
Ukuran Porsi: 100 gram (g)
per porsi
Kilojoule 134 kj
Kalori 32 kkal
Lemak 0.19 g
Lemak Jenuh 0.032 g
Lemak tak Jenuh Ganda 0.074 g
Lemak tak Jenuh Tunggal 0.027 g
Kolesterol 0 mg
Protein 1.83 g
Karbohidrat 7.34 g
Serat 2.6 g
Gula 2.33 g
Sodium 16 mg
Kalium 276 mg

Bawang kucai

Kandungan zat gizi per 100 gram kucai
Zat gizi Kucai Kucai muda
Vitamin C (mg)  45 42
Vitamin B1 (mg 2.2 3.8
Vitamin A (IU) 0.3 0.6
Besi (mg)  52 76
Fosfor (mg) 50 91
Kalsium (mg) 1.1 2.5
Lemak (g) 40 500
Protein (g) 0.11 0.11
Energi (kkal) 17 59

Bawang Prei

Kandungan zat gizi per 100 gram kucai
Zat gizi Prei
Vitamin C (mg)  17
Vitamin B1 (mg 0.11
Vitamin A (IU) 40
Besi (mg)  1
Fosfor (mg) 50
Kalsium (mg) 52
Lemak (gr) 0.3
Protein (gr) 2.2
Energi (kkal) 45

Khasiat Bawang Untuk Masalah Batu Ginjal

Gambar terkaitGambar terkait

Bawang merah dapat membantu untuk membersihkan ginjal serta mampu mengeluarkan racun dari ginjal, yang jika dibiarkan akan menyebabkan penggumpalan dan mengakibatkan batu ginjal. Maka dari itu ginjal membutuhkan bawang merah agar racun dalam ginjal keluar dan ginjal dapat berfungsi dengan normal menyaring racun dalam darah.

Bawang putih sangat lah penting untuk meningkatkan kesehatan ginjal karena terdapat kandungan sifat diuretik yang mampu menghilangkan natrium atau garam serta air dari tubuh dengan mengontrol ginjal untuk menempatkan lebih banyak natrium dalam urin. Hal ini dapat menjadikan ginjal sehat dan mencegah dari penyakit batu ginjal dan gagal ginjal serta infeksi pada ginjal.

Bawang merupakan makanan obat yang sangat ampuh dalam membersihkan darah, sebagai anti-septik dan diuretik. Sebenarnya semua jenis bawang ideal untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah terkait ginjal, seperti batu ginjal, saluran kemih dan retensi cairan.

Manfaat bawang bagi kesehatan tubuh lainnya

Bawang merah : Sebagai anti kanker, memperkuat sistem imun tubuh dan menjaga kesehatan jantung. Menurunkan berat badan serta mengontrol kadar gula dalam darah. Bawang merah mengobati sembelit.

Mengatur tidur serta suasana hati, mengatasi kembung pada anak, meredakan batuk, melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan tulang, mencegah peradangan, memperlancar sistem pernafasan dan baik untuk kesehatan mata.

Bawang putih : Atasi penyakit kanker, mengurangi gula darah, mengurangi rematik, meminimalisir risiko kehamilan pre-eclampsia, mengobati anemia, mengatasi masalah pernafasan, melancarkan pencernaan, menjadi sumber stamina dan merangsang sel saraf.

Mencegah serta mengobati flu, mengatasi kolesterol, anti penuaan, mengatasi impotensi pria, mengobati penyakit hati, mengobati maag, menghilangkan bekas selulit, menghilangkan jerawat, menghilangkan racun, menghilangkan bekas luka dan mengobati sinusitis.

Menurunkan berat badan, mengobati kutil, menghilangkan varises, meningkatkan sistem imun, menurunkan hipertensi, detoksifikasi tubuh, mencegah demensia, menguatkan tulang dan meningkatkan metabolisme.

Bawang bombai : Menangkal radikal bebas serta meningkatkan sistem imun tubuh dan menekan efek sinogenik, memperkecil risiko kanker kolon, mencegah sembelit, anti-virus, mengatasi cacingan, mengatasi maag, memperkuat tulang, meningkatkan hemoglobin (Hb), mengatasi mual, penghasil tenaga, menguatkan gigi, mengobati anemia dan meningkatkan daya ingat.

Menjaga asupan cairan dalam tubuh dan menghindarkan dari penyakit kardiovaskular, melancarkan pembuluh darah, mengobati hipertensi, mencegah insulin hati, menurunkan kadar gula, anti-kanker, melindungi dari alergi, mengobati radang dan menjaga kesehatan otak.

Mencegah penggumpalan darah, menguatkan jaringan tubuh, obat jerawat, membuat wajah merona, mencegah kulit kering, meningkatkan nafsu makan, meredakan asma, melindungi dari alergi dan mencegah rambut rontok.

Keluarga bawang lainnya

Bawang Kucai : Mengatasi masalah pencernaan, kesehatan kardiovaskular, meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehtan tulang dan mata. Mencegah risiko kanker, mencegah cacat lahir, memperlancar sistem peredaran darah, membantu penyembuhan luka dengan cepat, mengatasi sembelit, mencegah diare dan menyehatkan pencernaan.

Mencegah radikal bebas, anti hipertensi, mengatasi kolesterol tinggi, anti-bakteri, baik untuk usus. Mengatasi jerawat juga menghilangkan bekas jerawat, melawan flek hitam dan  merangsang pertumbuhan rambut.

Bawang Prei : Kaya akan anti-oksidan dan vitamin, menjaga kesehatan jantung, rendah kalori serta kaya zat besi dan folat, anti-inflamasi dan anti-septik juga mengatasi kolesterol tinggi, menyehatkan sistem saraf. Dapat menghilangkan racun dan mengandung lutein serta zeaxanthin.

Menjaga daya tahan tubuh juga baik untuk kesehatan mata, menyehatkan tulang, mencegah anemia, menyehatkan janin. Melancarkan pencernaan dan obat cacingan, mencegah diabetes, menyehatkan kulit, baik untuk kesehatan rambut, mencerahkan kulit dan mampu mencegah penuaan dini.

Bawang daun : Mencegah anemia dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Menyehatkan jantung dan menjaga kekuatan tulang serta menjaga kesehatan mata. Baik untuk ibu hamil, menyehatkan pencernaan, kaya mineral serta rendah kalori, mencegah diabetes, mengobati cacingan dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Menghilangkan jerawat sekaligus mencerahkan dan meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini. Mengatasi masalah rambut yang rusak, sumber zat besi serta memiliki kandungan serat yang baik. Tinggi akan kalium serta kaya akan anti-oksidan dan mampu mengatasi infeksi.

Sumber : Obat penghancur batu ginjal

1 komentar tentang “Khasiat Bawang Untuk Masalah Batu Ginjal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *