Khasiat Daun Mindi Untuk Batu Ginjal

Khasiat Daun Mindi Untuk Batu Ginjal

Khasiat Daun Mindi Untuk Batu Ginjal

Khasiat Daun Mindi Untuk Batu Ginjal,- Di sini Saya akan membahas tentang khasiat daun mindi untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bagi kalian yang sedang sakit jangan risau, semoga apa yang Saya jelaskan di bawah ini ada sangkut paut nya dengan apa yang kalian alami saat ini dan tentunya ini akan bermanfaat untuk memulihkan kembali kesehatan tubuh kalian.

Ya pada artikel ini pokok pembahasan yang akan Saya jelaskan pada kalian, yaitu mengenai manfaat yang ada pada daun mindi bagi kesehatan tubuh kita. Nah sebelum ke inti pembicaraan Saya akan menjelaskan tentang asal usul tanaman daun mindi ini. Tunggu apa lagi ? Mari kita simak penjelasannya sampai tuntas agar pengetahuan kalian bertambah.

Pengertian daun mindi

Daun mindi dapat tumbuh dengan dan cepat. Proses adaptasi yang baik membuatnya bisa tumbuh baik di dataran rendah maupun pada maupun dataran tinggi. Pohon mindi ini berwarna coklat tua serta tingginya pohon ini bisa mencapai sekitar 4 meter. Daun mindi mempunyai daun yang berwarna hijau.

Daun mindi memiliki banyak sekali kandungan senyawa dan zat penting. Seperti triterpene kulinone, dan kaemferol, margosina, tannin, dan ß-sitosterol. Selain itu kulit mindi juga memiliki zat toosendanin. Selain daun dan kulit, buah mindi juga terdapat banyak sekali senyawa yang penting bagi kesehatan, yaitu asam vanilat, asam bakayanat, sterol, dan katekol.

Serta zat lainnya seperti, saponin, zat pahit, kaemferol, steroida, alkaloid paraisina, tannin, dan flavonoid rutin serta kandungan triterpen dan minyak atsiri. Tetapi malah sebaliknya dari daun dan kulit mindi, biji dari tanaman ini mengandung racun, maka berhati-hati lah dengan bijinya.

Sejarah daun mindi

Tanaman Mindi dikenal beberapa daerah dengan sebutan yang beragam di Vietnam: may rien; dan di Cina: ku lian zi, di Inggris: Chinaberry, China tree : mindi kecil, renceh, gringging, dan cakra-cikri. Pohon Mindi melakukan penyebaran secara alami di Indonesia yaitu di daerah Nusa Tenggara, Irian Jaya, Sumatera dan Jawa, sedangkan di Burma dan India, banyak ditanam di daerah tropis dan sub tropis.

Baca juga : Khasiat bawang untuk masalah batu ginjal

Tanaman mindi dapat ditemukan di daerah dataran rendah maupun dataran tinggi, ketinggian 0 – 1200 meter di atas permukaan laut, dengan curah hujan rata-rata per tahun 600 – 2000 milimeter, dapat tumbuh pada berbagai tipe tanah. Tumbuh subur pada tanah tanah asin, tanah basa, tanah dangkal, tanah yang dalam, dan tanah liat berpasir.

Ciri-ciri daun mindi

  • Biji sangat beracun dan biasa digunakan untuk meracuni ikan atau serangga.
  • Daun mahkota berjumlah 5, panjangnya sekitar 1 cm, warnanya ungu pucat, dan berbau harum.
  • Daun nya menyirip ganda, majemuk dan tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm,
  • Anak daun ujungnya runcing, tepi bergerigi dan bentuknya bulat telur sampai lanset, pangkal membulat atau tumpul, permukaan atas daun berwarna hijau tua, bagian bawah hijau muda, panjang 3-7 cm, lebar 1,5-3 cm. Bunga majemuk dalam malai yang panjangnya 10–20 cm, keluar dari ketiak daun.
  • Pohon yang bercabang banyak ini mempunyai kulit batang yang berwarna cokelat tua, dengan tinggi sampai 4 m.
  • Buahnya buah batu, bulat, diameter sekitar 1,5 cm. Jika masak warnanya cokelat kekuningan, dan berbiji satu.

Kandungan nutrisi daun mindi

Kandungan senyawa yang terkandung di dalam daun mindi ini adalah : triterpene kulinone, ß-sitosterol, tannin, dan margosina. Bijinya mengandung sulfur, butirat, laurat, valerianat, linoleat, palmitat, oleat, asam stearat, dan resin.

Kulitnya mengandung bahan yang larut dan mengandung toosendanin. Daun pada tanaman daun mindi ini mengandung saponin, zat pahit, kaemferol, steroida, alkkaloid paraisna, tannin, dan flavonoid rutin. Buah mindi mengandung asam bakayanat, asam vanilat, katekol, sterol

Khasiat Daun Mindi Untuk Batu Ginjal

Khasiat daun mindi untuk batu ginjal memang sedikit yang mengetahuinya. Daun mindi mempunyai kandungan anti-bakteri yang baik bagi kesehatan, terutama kesehatan pada ginjal. Daun mindi dapat dijadikan obat penghancur batu ginjal, namun membutuhkan waktu yang lama.

 

Zat  anti-bakterinya dapat mencegah bakteri masuk ke dalam ginjal yang jika dibiarkan akan menjadi gumpalan yang memicu terjadinya batu ginjal. Walaupun penyembuhan dengan daun ini dapat memakan waktu yang lama, daun mindi tetap menjadi obat yang tidak memiliki efek samping kecuali jika berlebihan dalam mengkonsumsinya.

Manfaat daun mindi untuk kesehatan lainnya

  • Mengatasi gatal-gatal di badan
    Rebusan air daun mindi dapat menyembuhkan gatal gatal di tubuh kita, Hanya dengan cara merendam bagian yang gatal itu dengan air rebusan daun mindi dan lakukan lah secara rutin sampai hilangnya rasa gatal pada tubuh
  • Menyembuhkan kudis
    Hal pertama yang dilakukan adalah menghaluskan daun mindi yang sudah disiapkan, kemudian setelah itu oleskan daun mindi yang sudah halus pada kulit yang terserang kudis serta tutup dengan kain kasa. Porsi sebaiknya adalah 2/3 kali sehari
  • Mengatasi tekanan darah tinggi
    Caranya rebus daun mindi lalu saring serta tunggu sampai dingin kemudian minum air rebusan tersebut 2 kali sehari agar tekanan darah kembali normal
  • Melawan cacing keremi
    Air rebusan daun mindi dapat mencegah cacing keremi yang disebabkan oleh zat toosendanin yang memiliki sifat antelmintik yang lebih kuat dari santonin.

Sumber : Obat Penghancur Batu Ginjal

1 komentar tentang “Khasiat Daun Mindi Untuk Batu Ginjal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *