Khasiat Tanaman Daun Pace (Mengkudu) Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Tanaman Daun Pace (Mengkudu) Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Tanaman Daun Pace (Mengkudu) Untuk Masalah Batu Ginjal

Khasiat Tanaman Daun Pace (Mengkudu) Untuk Masalah Batu Ginjal,- Di sini Saya akan membahas tentang manfaat tanaman pace (mengkudu) untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Bagi kalian yang sedang sakit jangan risau, semoga apa yang Saya akan jelaskan di bawah ini ada sangkut paut nya dengan apa yang kalian alami saat ini dan tentunya ini akan bermanfaat untuk memulihkan kembali kesehatan tubuh kalian.

Ya pada artikel ini pokok pembahasan yang akan Saya jelaskan pada kalian, yaitu mengenai manfaat yang ada pada tanaman Pace (mengkudu) bagi kesehatan tubuh kita. Nah sebelum ke inti pembicaraan Saya akan menjelaskan tentang asal usul tanaman Pace (mengkudu) ini. Tunggu apa lagi ? Mari kita simak penjelasannya sampai tuntas agar pengetahuan kalian bertambah.

Pengertian tanaman pace (mengkudu)

Mengkudu (Morinda citrifolia) atau pace, kemudu, kudu (Jawa), serta banyak sebutan atau nama lain dari tanaman ini, diantaranya : Keumeudee (Aceh) cangkudu (Sunda), kodhuk (Madura), nonu (Tonga), ungcoikan (Myanmar), tibah (Bali) berasal daerah Asia Tenggara, noni (Hawaii), nono (Tahiti), tergolong dalam famili Rubiaceae.

Baca juga : Khasiat tanaman daun sidaguri untuk masalah batu ginjal

Tanaman pace (mengkudu) ini tumbuh di dataran rendah sampai pada ketinggian 1500 meter. Tingginya mencapai 3–8 meter, serta berbunga bongkol berwarna putih. Buahnya tergolong majemuk, yang masih muda memiliki totol-totol serta berwarna hijau mengkilap, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam

Sejarah tanaman pace (mengkudu)

Asal mulanya mengkudu terkait dengan keberadaan bangsa Polinesia yang tinggal di Kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari (Asia Tenggara). Pada tahun 100 Sebelum Masehi, bangsa yang dikenal berani mengembara.

Tanpa adanya sebab yang jelas bangsa ini meninggalkan tanah air mereka dengan melintasi lautan. Ada persepsi para petualang itu telah di kecewakan oleh suatu hal dan maksud meninggalkan diri dari kebiasaan sebelumnya. Setelah lama mengembara, mereka sampai di daerah Polinesia, yaitu kepulauan di daerah Pasifik Selatan.

Para pengembara tersebut seketika kagum akan indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan pulaunya. Karena dianggap penting untuk kesehatan tubuh serta penting untuk mempertahankan hidup, ada beberapa tumbuhan yang ikut dibawa, diantaranya sukun, tebu, ubi jalar, pisang, talas, dan mengkudu.

Kandungan nutrisi pada tanaman pace (mengkudu)

Senyawa penting bagi kesehatan tubuh seperti antra quinines, trace elemens, phenylalanine, magnesium, sosium, caprylic acid, arginine, proxeronine, xeronine, plant sterois, alizarin, lycine dan lainnya. Senyawa-senyawa penting itu, diantaranya :

  • Terpenoid
    Berperan dalam proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel tubuh.
  • Scolopetin
    Anti peradangan dan anti alergi yang sangat efektif

Zat anti bakteri itu juga dapat mengontrol bakteri pathogen (mematikan) seperti Salmonella montivideo, S . scotmuelleri, S . typhi, dan Shigella dusenteriae, S . flexnerii, S . pradysenteriae, serta Staphylococcus aureus. Serta zat-zat lainnya, yaitu :

  • Zat soranjidiol, berperan dalam melancarkan buang air kecil
  • Zat terpenes, dapat meramajakan sel-sel pada tubuh
  • Zat hipokelemestik, berperan dalam menurunkan kolesterol dalam darah
  • Zat anti kanker, berperan efektif dalam melawan sel-sel abnormal
  • Zat asetil, berperan dalam mematikan kuman
  • Zat moridon, berperan dalam melancarkan buang air besar

Khasiat Tanaman Daun Pace (Mengkudu) Untuk Masalah Batu Ginjal

  • Racun yang menggumpal dalam ginjal jika dibiarkan, lama kelamaan akan mengakibatkan penyakit batu ginjal. University of yale telah membuktikan bahwa Pace (Mengkudu) dipercaya bisa mengeluarkan zat-zat serta racun yang berbahaya dari dalam tubuh.
  • Zat anti-bakteri pada daun pace (mengkudu) dapat mencegah terjadinya kanker ginjal atau sel-sel abnormal. Daun ini dapat membunuh bakteri-bakteri jahat layaknya Escherichia coli bahkan sampai bakteri mematikan seperti Stapylococcus aureus serta bakteri yang dapat memicu penyakit ginjal.
  • Daun pace (mengkudu) ini mempunyai zat yang bermanfaat untuk membantu membunuh serta mencegah sel tumor membesar, temasuk tumor di dalam ginjal atau tumor ginjal.
  • Mengkudu mempunyai anti-oksidan di dalamnya yang berfungsi sebagai penghalang masuknya radikal bebas yang dapat merusak ginjal. Tonggak utama dalam sistem tubuh ialah ginjal, sehingga ketika ginjal rusak atau tidak berfungsi normal maka hal ini akan memicu serta menimbulkan penyakit-penyakit lainnya.

Manfaat tanaman pace (mengkudu) bagi kesehatan

Beberapa manfaat yang terdapat pada daun pace (mengkudu) untuk kesehatan, antara lain :

  • Daun mengkudu ini ternyata dapat digunakan baik untuk kecantikan maupun untuk kesehatan. Salah satunya untuk kecantikan, seperti obat pelangsing dan obat untuk menghilangkan jerawat. Sedangkan untuk kesehatan, yaitu mengatasi ambeien secara alami serta mengatasi kembung pada anak

Beberapa manfaat yang terdapat pada buah pace (mengkudu) untuk kesehatan, antara lain :

  • Meredakan nyeri haid atau gejala PMS
    Buah mengkudu ini memiliki kandungan yang sangat efektif untuk meminimalisir sakit saat menstruasi atau ketika PMS. Buah mengkudu juga dapat mengurangi atau mencegah perubahan hormon ketika masa menstruasi dan masa PMS sehingga sindrom menstruasi bisa diatasi, seperti mood yang berubah-ubah, dan mengurangi rasa sensitif saat menstruasi
  • Mencegah Kanker
    Buah mengkudu dapat membantu mencegah perkembangan atau penyebaran sel-sel kanker di dalam tubuh
  • Mengatasi kulit bersisik
    Buah mengkudu dapat membuat kulit menjadi halus dan tidak bersisik, caranya gosok bagian kulit kering atau bersisik tersebut menggunakan buah mengkudu, lalu tunggu selama 10 menit kemudian bersihkan dengan kain yang sudah direndam oleh air hangat
  • Menyehatkan tulang
    Buah mengkudu memiliki kandungan metil asetil, asam kapril, dan morindone ini dapat mencegah keropos pada tulang

Sumber : Obat penghancur batu ginjal

1 komentar tentang “Khasiat Tanaman Daun Pace (Mengkudu) Untuk Masalah Batu Ginjal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *